Cara Mengunci Hardisk Menggunakan BitLocker Dengan Mudah

Di setiap komputer seseorang pasti banyak data-data penting yang tersimpan di hardisk, entah itu foto, data-data pribadi, data tentang pekerjaan, ataupun yang lainnya.

Begitu juga dengan perkembangan teknologi, banyak cara baru seperti hacker untuk mendapatkan data-data penting yang bertujuan untuk mendapatkan pundi-pundi uang, contoh data kartu kredit misalnya.

Oleh karena itu anda harus mengekripsi atau mengunci hardisk dengan BitLocker, sebelum anda melakukan cara mengenkripsi atau mengunci hardisk dengan BitLocker, sebaiknya anda pahamkan terlebih dahulu apasih itu BitLocker?

Di bawah ini saya menjelaskannya harap simak baik-baik.

BitLocker adalah fasilitas bawaan dasar dari sistem operasi windows yang bertugas untuk mengenkripsi atau yang dikenal mengunci partisi hardisk atau volume portable.

Berbeda dengan software lainnya, Bitlocker tidak perlu di download, karena sudah ada pada sistem operasi windows lebih tepatnya pada sistem operasi Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengenkripsi  atau mengunci hardisk menggunakan BitLocker? Jika iya, saya juga memberitahukan bagaimana cara mengunci hardisk menggunakan BitLocker dengan mudah.

Cara Mengunci Hardisk Menggunakan BitLocker

  1. Buka Windows Explorer, kemudikan klik kanan pada partisi hardisk yang ingin di enkripsi atau dikunci. lalu klik ‘Turn on BitLocker’.
  2. Ceklis pada ‘Use a password to unlock the drive’, kemudian masukan password yang anda inginkan, lalu klik ‘Next’.
  3. Klik ‘Save the recovery key to a file’ untuk menyimpan kata sandi pemulihan di komputer anda.
  4. Simpanlah recovery key ke drive seperti flashdisk, atau drive online seperti google drive yang menurut anda aman. Perlu anda ketahui recovery key ini berguna untuk memulihkan drive hardisk yang anda kunci tetapi anda lupa password yang di enkripsi atau di kunci menggunakan BitLocker.
  5. Jika muncul notifikasi silahkan klik ‘Yes’.
  6. Klik ‘Start Encrypting’ untuk memulai menguci pada drive hardisk anda.
  7. Tunggulah hingga proses enkripsi berhasil sampai 100 persen. Proses enkripsi ini membutuhkan waktu yang lumayan lama, semua itu tergantung pada jumlah file yang terdapat pada drive hardisk yang sedang di enkripsi.
  8. Dan jika proses enkripsi telah selesai, silahkan ada merestart komputer anda yang sudah anda amankan hardisk nya dengan BitLocker, dan jika proses restart komputer sudah selesai, silahkan cek lagi Windows Explorer maka akan ada icon drive hardisk yang terkunci, ini menandakan bahwa anda telah sukses mengenkripsi drive hardisk tersebut.
  9. Dan jika drive hardisk tersebut dibuka maka anda akan di minta untuk memasukan password yang anda sudah buat dengan BitLocker ini. Masukan password BitLocker anda yang sudah anda buat untuk membuat drive hardisk yang sudah anda kunci atau enkripsi, kemudian klik ‘Unlock’.

Nah itu dia cara mengunci hardisk dengan BitLocker dengan mudah dan cepat yang dikutip dari Renmedia.co.id

Jika anda bingung untung mematikan BitLocker saya menjelaskan sekalian dibawah ini.

  1. Jika anda ingin menonaktifkan fitur BitLocker dari windows ini, silahkan anda buka Control Panel, pada view bay pilih small icon. Kemudian pilih BitLocker Drive Encryption.
  2. Klik Turn off BitLocker pada drive yang sebelumnya anda sudah password.
  3. Kemudian klik ‘Decrypt Drive’.

Sekian artikel, kali ini mengenai Cara Mengunci Hardisk Menggunakan BitLocker Dengan Mudah, Jika anda ingin mengcopy paste artikel ini, silahkan.

Karena demi menyebarkan informasi-informasi yang berguna untuk membantu sesama manusia.

Saya tidak mengharuskan anda menaruh sumber blog saya, semua tergantung kepada diri anda sendiri. Namun, perlu anda ingat, hargailah karya orang lain jika karya anda ingin di hargai

Lihat juga Cara Top UP PUBG Mobile Dengan Pulsa