Cara Root HP Oppo A71

Root sendiri adalah akses untuk mengubah atau juga mengedit file system standar bawaan ponsel. Ketika Anda menggunakan akses root, maka aplikasi bawaan atau App system, dapat Anda ubah atau hapus, untuk lebih meningkatkan performa ponsel itu sendiri.

Ada berbagai macam ponsel yang dapat diroot, salah satunya adalah Oppo A71.

Cara root hp Oppo A71 ini sendiri ada 2 cara, yaitu menggunakan PC, dan yang kedua adalah tidak menggunakan PC, melainkan menggunakan aplikasi khusus.

 Teknik Root menggunakan PC ini dinilai sedikit ribet, dan pastinya tidak semua orang mampu melakukannya, karena membutuhkan beberapa aplikasi khusus.

Lain halnya ketika Anda menggunakan aplikasi root. Penggunaan aplikasi ini cukup mudah dan juga dinilai cepat, dan praktis.

Saat ini ada beberapa aplikasi root yang dapat Anda pilih dan gunakan, salah satunya adalah menggunakan aplikasi KingRoot.

Root menggunakan aplikasi Kingroot

Adapun cara root hp Oppo A71 menggunakan aplikasi Kingroot ini, tidak sulit. Yang harus Anda lakukan adalah :

  1. Dengan mengunlock bootloader. Kemudian download aplikasi KingRoot dari versi terbaru.
  2. Setelah proses instalasi aplikasi tersebut selesai, Anda akan menemukan pesan dengan bunyi “Google Installation Blocked Message”. Kali ini, Anda akan memilih menu “More details”, kemudian pilih “Installation anyway (unsave)”. Terakhir tekan “Ok”.
  3. Apabila muncul pesan dengan bunyi “pemasangan dicekal / Installation Blocked”, atau yang sejenisnya. Anda akan masuk ke bagian “Setting”, lalu “Lock Screen and Security”. Kemudian aktifkan “Sumber tidak diketahui / Unknown source”, dan terakhir pilih tombol “Ok”.
  4. Berikutnya akan tampil proses instalasi, dan pilih “Install”, untuk memulai proses instalasi dari aplikasi KingRoot. Apabila aplikasi KingRoot selesai diinstall, berikutnya tekan tombol “Open, untuk membuka / Menjalankan aplikasi tersebut.
  5. Setelah Anda membuka aplikasi tersebut, pilih “Try it”, guna membuka atau masuk ke menu root dan pilih kembali “Get now”, dalam memulai proses rooting.
  6. Untuk proses rooting ini sendiri membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama, hanya sekitar 2 hingga 5 menit. Walaupun ada kalanya proses ini berjalan lebih lama. 
  7. Apabila proses rooting sudah selesai, berikutnya akan muncul tulisan “Rooted” pada layar Anda. Jika hal ini terjadi, artinya cara root hp Oppo A71 yang Anda lakukan sudah berhasil atau dengan kata lain sudah berhasil diroot.
  8. Guna memastikan bahwa Ponsel Oppo A71 yang Anda gunakan berhasil di root. Akan lebih baik, jika Anda mendownload aplikasi root checker, kemudian jalankan aplikasi tersebut. 
  9. Aplikasi ini akan memberitahukan Anda apakah ponsel tersebut berhasil di Root atau tidak.

Menggunakan aplikasi Framaroot

Selain aplikasi KingRoot, ada juga aplikasi lain yang dapat Anda gunakan, yaitu aplikasi Framaroot.

Sama seperti sebelumnya, kali ini Anda juga perlu mengunduh aplikasi tersebut, pastikan aplikasi yang diunduh adalah aplikasi versi terbaru.

  1. Setelah aplikasi tersebut selesai Anda unduh, berikutnya instal aplikasi tersebut.
  2. Jika aplikasi tersebut tidak dapat digunakan, maka akan muncul tulisan “ your device seems not vulnerable to exploit included in Framaroot”. 
  3. Berikutnya buka aplikasi Framaroot lalu pilih Instal Superuser / SuperSu, Anda dapat memilih salah satunya, kemudian pilih Gandalf. 
  4. Selanjutnya tunggu sampai proses rooting selesai dilakukan 
  5. Jika muncul notifikasi seperti diatas, berarti proses root sudah berhasil.

Cara Root HP Oppo A71

Sumber: arjunasoft.co.id

Leave a Comment