Cara Untuk Menghapus Penelusuran Google Menggunakan Hp

Cara menghapus penelusuran Google di hp – Google Chrome adalah browser bawaan bagi Anda yang menggunakan perangkat Android.

Tentu ada banyak hal dan informasi yang Anda buka setiap harinya dengan menggunakan browser ini, mulai dari inspirasi resep masak untuk makanan hari ini hingga informasi-informasi yang personal dan sangat pribadi bagi diri Anda.

Tentu memalukan bagi diri Anda apabila orang bisa mengetahui apa saja kegiatan yang Anda lakukan di internet menggunakan ponsel ketika membuka jejak penelusuran dari browser.

Meski memang mengutak atik ponsel orang adalah pelanggaran privasi namun ada saja yang usil ketika ponsel Anda dipinjam. Bagaimana cara menghapus penelusuran Google di hp, adakah cara agar Anda bisa menelusuri informasi atau membuka situs yang sifatnya personal tanpa terekam jejaknya di ponsel?

Data apa saja yang terekam di Google perangkat Anda

Ketika Anda membuka Google Chrome dari smartphone Anda, coba ketik pada bagian search tab dengan kata kunci tertentu.

Jika muncul rekomendasi situs yang bisa langsung Anda kunjungi maka artinya browser tersebut sudah memiliki rekaman jejak penelusuran Anda di Google.

Fitur ini memudahkan orang untuk mencari halaman situs yang pernah dikunjungi tanpa harus menghapalkan alamat situsnya.

Tapi di sisi lain, jika diketahui orang lain maka bisa jadi ada informasi sensitif yang tidak patut untuk diketahui orang misalnya ketika orang tersebut meminjam ponsel Anda untuk googling sesuatu.

Selain data mengenai situs yang pernah dikunjungi atau dalam hal ini disebut dengan history, data lain yang terekam dalam penelusuran Google di hp Anda adalah:

  1. Cookies. Adalah data yang ditanamkan pada perangkat Anda untuk merekam jejak aktivitas online yang Anda lakukan menggunakan Google, biasanya untuk kepentingan online marketing.
  2. Download history. Jejak data yang Anda unggah pun juga akan terekam baik itu gambar, dokumen, audio, maupun video yang diakses dengan menggunakan Google Chrome.
  3. Cached. Data ini yang membuat akses Google Anda jadi lebih cepat karena sudah “disiapkan” dan tinggal dibuka.
  4. Kata kunci yang pernah Anda simpan untuk log in akun, formulir yang pernah Anda isi, dan data lainnya juga disimpan oleh browser.

Menghapus jejak penelusuran data di atas tidak hanya penting untuk menjaga privasi dan keamanan data Anda.

Namun juga, bisa mengurangi beban memori dari aplikasi sehingga aplikasi bisa dijalankan dengan lebih cepat setelah data-data yang menumpuk tersebut dihapus.

Cara menghapus penelusuran dan data Google di smartphone

Berikut adalah cara menghapus penelusuran Google di hp yang bisa Anda lakukan hanya dengan beberapa klik saja:

  1. Buka Google Chrome
  2. Pada bagian pojok kanan atas ketuk ikon tiga titik >> History
  3. Anda bisa pilih menghapus jejak penelusuran halaman tertentu dengan mengetuk logo X pada sisi kanan penelusuran
  4. Atau ketuk pada tulisan “clear browsing data”
  5. Pada tab Basic pilih jangka waktu penelusuran yang ingin dihapus ada all time, last hour, last 24 hours, last 7 days, atau last 4 weeks, lalu centang pada bagian data yang ingin dihapus, ketuk Clear Data.
  6. Pada tab Advanced Anda bisa menghapus lebih banyak data seperti misalnya cached, password yang tersimpan, dan sebagainya.

Agar hasil penelusuran tidak direkam

Anda bisa melakukan penelusuran dengan menggunakan Google Chrome tanpa terekam jejaknya. Caranya adalah dengan melakukan browsing secara incognito alias sembunyi.

Buka Google Chrome >> new incognito tab dan silahkan lakukan penelusuran di dalam mode ini seperti biasa.

Demikian adalah cara menghapus penelusuran Google di hp untuk menjaga privasi dan keamanan data Anda.

Leave a Comment